ANIMASI MOBIL





Kali ini Animasi yang akan dibuat adalah tulisan yang ditarik oleh mobil , langkah –langkahnya sbb:
  • Buatlah layer background kemudian gambarlah segi empat yang memenuhi stage, beri warna biru dengan gradasi warna. Selain itu kita juga bisa menambahkan gambar jalan. Ini untuk kita jadikan sebagai background atau gambar latar agar nantinya animasi terlihat lebih cantik.




Seteleh selasai, kunci layer background untuk memudahkan membuat obyek yang lain.
  • Buat layer baru beri nama layer “mobil”. Pada frame 1 layer mobil buatlah gambar mobil tanpa roda menggunakan tool-tool yang ada. Untuk sementara mobil dibuat tanpa roda kerena untuk bagian roda akan kita buat movie clip roda sehingga bisa berputar.



Masih pada layer yang sama gambarlah sebuah roda/ban, seleksi gambar roda tersebut kemudian klik kanan dan pilih convert to symbol maka akan muncul kotak dialog baru, beri nama “ban” dan pilih type “movie clip” OK.
Setelah itu klik dua kali pada movie clip ban untuk masuk ke timeline ban. Setelah itu, klik kanan frame ke 20 kemudian pilih insert keyframe. Di tengah antara frame 1-20 klik kanan kemudian pilih create motion tween.
  • Klik frame 1 dan buka panel properties (Ctrl+F3) kemudian ubah isian option pada rotate menjadi “CCW” agar roda/ban dapat berputar, setelah ini maka animasi roda telah selesai kita dibuat (berputar), tekan Ctrl+Enter untuk mencoba. Roda telah selesai dan dapat berputar, akan tetapi bila kita perhatikan dengan teliti ada sedikit kejanggalan pada perputaran roda tersebut. Hal ini dikarenakan posisi putaran roda pada frame 20 sama dengan posisi pada frame 1.
  • Buat layer baru dan beri nama “action”, klik kanan pada frame 19 layer action kemudian buka panel action (F9) lalu ketikkan script berikut
gotoAndPlay(1);
Roda telah selesai dibuat. Keluar dari timeline roda/ban kemudian pasangkan pada kedua sisi depan dan belakang mobil. Seleksi gambar mobil dan ban kemudian klik kanan dan pilih convert to symbol menjadi movie clip, beri nama “mobil”.

  • Pada frame 1 layer mobil tempatkan mobil di luar sebelah kanan stage, klik kanan frame 70 dan pilih insert keyfame.
  • Klik kanan ditengah frame antara frame 1-70 dan pilih create motion tween. Pada frame 70 pindahkan gambar mobil ke luar sebelah kiri stage. Buat agar seakan-akan mobil berjalan di atas mobil.
  • Buat layer baru dan beri nama “rumus”
  • Pada frame 1 layerr rumus buatlah persegi panjang dengan menggunakan rectangle tool (R) kemudian pada option di bagian bawah panel tool klik menu set corner radius dan ubah nilainya menjadi 5.
  • Tulis rumus tenses pada persegi panjang tersebut menggunakan textool (T)



Gambar tali seakan mengikat persegi panjang tadi kemudian julurkan ke bawah hingga seakan menyentuh mobil. Seleksi persegi panjang dan tali tersebut kemudian tekan Ctrl+G untuk membuatnya menjadi group atau bisa juga kita convert menjadi movie clip. Letakkan gambar tersebut ke luar sebelah kanan stage dan tempelkan tali agar seakan terikat pada mobil
  • Klik kanan frame 45 kemudian pilih insert keyframe,jika kita lihat disini mobile akan berada di tengah stage sedangkan gambar persegi panjang/rumus masih berada di luar stage, geser rumus agar tetap menempel pada mobil.
  • Di tengah frame antara frame 1-45 klik kanan kemudian pilih create motion tween.
  • Klik kanan frame 50 layerrumusdan pilih insert keyframe. Ubah posisi rumus agar terlepas dari mobil. Kemudian beri motion tween.
  • Klik frame 55 layerrumuskemudian geser rumus ke arah lain, buat motion tween.
  • Lakukan hal yang sama tiap 5 frame hingga frame ke 80.
  • Insert keyframe pada frame 100 dan geser rumus ke atas, klik pada rumus kemudian buka panel properties Ctrl+F3. Ubah color menjadi “Alpha” “0%”.
  • Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, maka animasi mobil yang membawa rumus telah selesai.
Sebagai finishing, animasi ini akan kita buat menjadi fullscreen secara otomatis ketika pertama dijalankan.
  • Buat layer baru dan beri nama layer “script”, pada frame 1 layer script buka panel action dan ketikkan script berikut
fscommand("fullscreen", "true");
Setelah itu bisa langsung diPublish.
Untuk rumus yang lainnya lakukan juga hal yang sama seperti di atas







0 komentar:

Posting Komentar